Press Rilies Pungli

Kamis, 24 Januari 20130 komentar



Press Riliess 
LP3D

Maret – Juni Musim Pungli

Bekasi – Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pemerintahan Daerah (LP3D) Bekasi Jonly Nahampun, Mulai waswas terhadap praktek pungutan liar ( pungli) di sekolah. Memasuki tahun ajaran baru, LP3D mempredeksi Maret sampai Juni merupakan musim pungli.
Seharusnya seluruh sekolah harus patuh menjalankan Permendikbud Nomor 60 Tahun 2011. Peraturan tersebut mengatur larangan pungutan sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Kita terus mengawal supaya seluruh jajaran pendidikan menjalankan aturan itu,” ujar Jonly Nahampun.
            Jonly mengatakan, larangan segala pungutan tersebut dikeluarkan karena sudah menjamin seratus persen biaya operasional sekolah. Jaminan ini diberikan melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan kucuran dana BOS ini harus membuat biaya pendidikan masyarakat lebih ringan.
            Sayangnya, hingga saat ini Jonly mengatakan belum ada jaminan beban biaya pendidikan. Maraknya aneka pungutan di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih terus bermunculan meski sudah ada dana BOS. Jonly mengatakan, pungutan yang paling besar terjadi menjelang musim Penerimaan Siswa Baru (PSB). Dana pungutan yang terbesar diantaranya untuk seragam, uang buku, dan uang pernak – pernik pendidikan yang lain.
            Biaya pendidikan yang menjadi beban masyarakat selama ini, diantaranya banyak yang masuk kategori pungli. Untuk itu, Jonly Nahampun meminta Kemendibud untuk mengukur dengan seksama apakah pengucuran dana BOS selama ini benar – benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Yaitu, bisa mengurangi beban biaya pendidikan.
Share this article :

Mengenai Saya

Foto saya
Pantang Mundur sebelum Tujuan Tercapai.

Arsip

  • 10
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. LP3D (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pemerintahan Daerah) Bekasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger